Pasca Panen Ayam Petelur
26 Mei 2020
Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung dengan Mesin Tetas Zein
9 Agustus 2020
Show all
Rangkaian Mesin Penetas Telur Murah, Tentunya Bisa Full Otomatis

Teknik membuat mesin penetas telur otomatis pastinya sangat dibutuhkan oleh orang yang menjalankan usaha ternak unggas. Membuat sendiri mesin penetas telur bisa menghemat anggaran serta menghemat waktu buat mendapatkan hasil yang optimal.

 

Mesin Penetas Telur Sederhana

Mesin penetas telur sederhana yang hendak kamu buat pastinya akan sangat bermanfaat. Teknik kerja mesin penetas telur otomatis ini pula sederhana yaitu cuma membuat keadaan ataupun kondisi hangat seperti telur yang lagi dierami induknya.

 

Teknik membuat mesin penetas telur otomatis pastinya mempunyai banyak keuntungan serta kemudahan. Pada sistem otomatis ini, kamu tidak butuh lagi membolak- balikkan telur unggas dengan tangan sebagaimana umumnya dilakukan pada penetesan secara manual.

 

Baca juga: Ayam Terkena Penyakit karena Parasit

 

Bahan serta Alat

Bahan serta alat dalam teknik membuat mesin penetas telur otomatis ini wajib kamu siapkan terlebih dulu. Berikut merupakan bahan- bahan sebagai teknik membuat mesin penetas telur otomatis berkapasitas 100 butir dengan sumber panas dari listrik:

  1. Multiplek/ triplek 9 mm
  2. Engsel
  3. Kawat ram diamater 0. 5 cm
  4. Seng
  5. Thermostat
  6. Kabel listrik
  7. Fiting lampu
  8. Steker listrik
  9. Lampu bohlam
  10. Thermometer
  11. Baki/ nampan air
  12. Paku triplek serta lem kayu

 

Peralatan yang diperlukan

  1. Gergaji kayu
  2. Gergaji besi
  3. Meteran
  4. Alat tulis
  5. Bor
  6. Obeng
  7. Tang
  8. Pahat kayu

 

Teknik Membuat Mesin Penetas Telur Otomatis

Potong Multiplek/ Triplek dengan dimensi 60 x 30 x 30 centimeter serta rangkaikan sehingga terbentuk kotak/ boks.

 

Buat lubang dengan dimensi 10 x 5 centimeter pada bagian atas kotak mesin tetas untuk ventilasi udara serta berilah penutup yang bisa dibuka serta ditutup. Buat lubang pada bagian dasar kotak dengan dimensi 10 x 20 serta tutuplah dengan selembar pelat seng.

 

Manfaat pelat seng ini merupakan sebagai elemen pemanas darurat bila terjadi pemadaman listrik. Bila terjadi pemadaman listrik maka taruhlah di dasar pelat seng tersebut lampu minyak.

 

Baca juga: Analisa Panen Ayam Petelur

 

Buat rak tempat meletakkan telur di dalam mesin tetas. Bahan rak tempat telur bisa dibuat dari kawat lurus semacam pada gambar, bisa pula dipakai kawat ram ataupun kamu bisa berkreasi lain dengan menggunakan bahan yang terdapat di dekat kamu, yang penting rak bisa digunakan untuk meletakkan telur di dalam ruang mesin penetas.

 

Perihal yang butuh dicermati dalam pembuatan mesin tetas merupakan kotak ataupun boks mesin penetas jangan terdapat yang bocor ataupun tidak tertutup rapat. Apabila terjadi kebocoran maka temperatur dalam ruang mesin penetas tidak akan tercapai sebab udara panas akan keluar lewat lubang tersebut.

 

Bagian Penting dalam Mesin

Inilah sebagian bagian penting dalam teknik membuat mesin penetas telur otomatis yang perlu dicermati:

 

Regulator/ Thermostat

Thermostat ialah perlengkapan yang berperan untuk mengendalikan temperature dalam mesin tetas secara otomatis. Apabila perlengkapan ini terserang panas maka kapsul akan mengembang sehingga akan menekan sakelar( mikroswitch) serta aliran listrik akan terputus, kebalikannya apabila temperatur turun maka kapsul bakal mengempis serta akan menyalakan kembali lampu pijar sebagai sumber panas.

 

Untuk mengendalikan thermostat supaya bisa memutus serta menyambung kembali aliran listrik yang mengarah ke lampu pijar tidaklah susah, untuk mengaturnya dengan teknik memajukan ataupun memundurkan putaran baut penyangga kapsul.

 

Bila kamu mengenali teknik membuat Thermostat, kamu bisa langung merangkainya sendiri. Tetapi bila menyulitkan, mungkin kalian dapat cek harga Thermostat Penetas Telur serta membelinya langsung.

 

Baca juga: Pasca Panen Ayam Petelur

 

Baki/ Nampan Air

Baki ataupun nampan air bermanfaat untuk penuhi standar kelembaban mesin tetas. Isi air dalam baki dengan ketinggian 2- 3 centimeter/ dibawah permukaan bibir baki. Apabila akan menaikkan air dalam baki, gunakan air hangat biar perubahan temperatur dalam mesin tidak turun secara ekstrem.

 

Rak Telur

Rak telur berperan sebagai tempat telur yang akan ditetaskan, rak telur diisi cocok dengan kapasitasnya.

 

Ventilate

Ventilasi ini dibutuhkan untuk kebutuhan oksigen telur tetas dalam mesin. Ventilasi haruslah bisa diatur sesuai kebutuhan. Apabila ventilasi tidak terdapat maka udara yang terdapat di dalam mesin tetas akan meracuni bibit telur serta bisa menimbulkan bibit telur tersebut mati.

 

Thermometer

Sebaliknya thermometer berperan sebagai penanda temperatur yang dibutuhkan oleh mesin tetas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *