Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung dengan Mesin Tetas Zein
9 Agustus 2020
Kapasitas, Harga, dan Fitur Lengkap Mesin Penetas Telur Zein K50
Kapasitas, Harga, dan Fitur Lengkap Mesin Penetas Telur Zein K50
14 Agustus 2020
Show all
Jenis Mesin Penetas Berdasarkan Sistem Kerja & Kapasitas Tampung

Mesin penetas telur adalah salah satu alat yang dapat membantu proses penetasan telur dengan bantuan lampu pijar. Dahulu sebelum teknologi belum secanggih sekarang, peternak menetaskan telur dengan cara alami yaitu dengan menggunakan indukan ayam.

 

Persentase Keberhasilan Telur Menetas

Tentu cara ini memiliki banyak kekurangan. Saat kita menetaskan telur dengan indukan unggas betina, telur yang dapat di erami hanya sekitar 20-40 butir saja dan persentase keberhasilan telur menetas sekitar 50-60%.

 

Kegagalan telur tidak menetas saat di erami indukan ayam, di sebabkan karena ketidakstabilan kondisi lingkungan, dan hal ini akan menyebabkan embrio ayam dalam telur tidak berkembang dengan sempurna.

 

Baca juga: Rangkaian Mesin Penetas Telur Murah, Tentunya Bisa Full Otomatis

 

Dalam usaha peternakan, khususnya jenis unggas, proses penetasan telur sangat penting untuk kelancaran dan kelangsungan usaha yang kita buat. Ada sebagian peternak yang beranggapan bahwa penggunaan mesin penetas ini sulit dan harganya juga mahal.

 

Padahal jika kita membaca dan memami pengoperasian mesin penetas cukuplah mudah. Untuh harga, sebenarnya banyak harga mesin penetas telur murah, salah satunya di BANIFARM.ID


Jenis-Jenis Mesin Penetas

Mesin Penetas Tradisional

Sistem kerja pada mesin penetas tradisional masih manual yaitu dalam proses pembalikan telur dilakukan menggunakan tangan. Kapasitas yang dapat di tampung sekitar 50-200 butir telur saja. Mesin ini sangat cocok bagi usaha rumahan atau skala kecil.

 

Baca juga: Pasca Panen Ayam Petelur

 

Mesin Penetas Semi Otomatis

Mesin penetas semi otomatis yaitu pengembangan dari mesin penetas tradisional. Dalam proses pembalikan telur, kita tidak perlu membuka ruangan inkubator karena pada bagian luar mesin sudah ada tuas yang bisa di putar untuk membalik telur. Kapasitas yang dapat di tampung oleh mesin penetas semi otomatis yaitu sekitar 200-1.200 butir telur.

 

Mesin Penetas Otomatis

Mesin penetas yang satu ini memiliki sistem kerja yang sudah modern dan canggih. Komponen-kompenen yang terdapat pada mesin penetas otomatis yaitu sudah terdapat pengatur suhu, ada timer yang di desain agar telur-telur berputar secara otomatis, dan semua sistem kerja serba digital dan pastinya otomatis. Untuk tipe mesin penetas otomatis ini ada beberapa ragam, ada yang bisa menampung 100 butir telur ada juga yang sampai 1000 bahkan 5000 butir telur.

 

Keuntungan Menetaskan Telur Menggunakan Mesin Penetas

  • Anda bisa menetaskan telur secara terus-menerus tanpa di pengaruhi oleh cuaca.
  • Presentase keberhasilan telur menetas lebih tinggi. Kalau menggunakan proses alami dengan di eramkan ke indukan ayam sekitar 50-60 %, kalau menggunakan mesin penetas, presentase keberhasilan menetas bisa sampai 80%
  • Kita lebih mudah mengontrol telur-telur yang di tetaskan
  • Tingkat kehidupan anakan yang menetas lebih tinggi.

 

Baca juga: Cara Menetaskan Telur Ayam Kampung

 

Munculnya mesin penetas ini memang menguntungkan dan bermanfaat bagi peternak. Pekerjaan akan menjadi lebih mudah dan efisien.

 

Dari segi harga, mesin penetas tidak terlalu mahal, itu tergantung tipe apa yang kita beli dan kualitasnya bagaimana. Karena antara harga mesin penetas telur sederhana, harga mesin penetas telur type Zein K50 atau jenis lain semua harganya berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *