Kandang Ayam Kampung yang Baik
11 Oktober 2020
Mencegah Berbagai Penyakit Ayam Kampung
11 Oktober 2020
Show all

Cara Pemberian Pakan yang Baik

Pemberian pakan pada ayam kampung pada dasarnya sama dengan ayam ras yakni berdasar pada tingkat umur, fase pemeliharaan, dan system pemeliharaan yang digunakan. Pakan untuk ayam kampong tidak boleh diabaikan. Mengapa? Karena pakan adalah aspek yang sangat vital bagi kehidupan ayam. Tanpa adanya pakan yang tercukupi kebutuhan nutrisinya maka pertumbuhan ayam kampong akan terganggu.  Berikut akan kami sajikan tabal kebutuhan protein dan energy metabolisme sesuai  tingkatan fase pemeliharaan.

 

Baca jugaMesin Tetas Telur Full Otomatis Buatan Asli CV. Sancaka Karya Hutama

Banyak pilihan untuk menyajikan paka ayam kampong antara lain dengan pakan jadi buatan pabrik dan meramu pakan sendiri. Untuk pakan yang perlu mencampur dan meramu sendiri ada hal yang perlu diperhatikan supaya kandungan nutrisi sesuai dengan yang dibutuhkan oleh ayam kampong berdasar fase pemeliharaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

  1. Kandungan nutrisi bahan pakan yang akan dijadikan campuran atau untuk meramu pakan
  2. Ketersediaan bahan yang kontinyu dan stabil dalam hal kualitas
  3. Bahan tersebut tidak bersaing dengan kebutuhan pokok manusia (food)
  4. Harga bahan baku relatif murah dan terjangkau

 

Baca jugaMesin Tetas Telur Full Otomatis Buatan Asli CV. Sancaka Karya Hutama

Pengaruh pada pemeliharaan ayam terhadap suhu dan kelembaban ayam kampung ditandari dari beberapa tingkah laku ayam kampung. Untuk mengatur suhu dan kelembaban yang ideal bagi ayam perlu dicermati tingkah laku ayam berikut ini:

1.Suhu dan kelembaban terlalu rendah

Suhu dan kelembaban terlalu rendah berakibat pada ayam terutama yang lebih terlihat jelas adalah ayam muda atau anak ayam. Pada saat di dalam brooder (pemanas) dalam keadaan suhu dan kelembaban terlalu rendah akibatnya ayam akan kedinginan. Sebagai contoh gambar di bawah ini.

Ayam akan mengerumuni sumber panas jika suhu dan kelembaban kurang (kedinginan)

Pada gambar di samping terlihat jelas tingkah laku anak ayam yang berkerumun di tengah tanpa aktifitas dikarenakan suhu dan kelembaban yang kurang. Jika ini terus dibiarkan maka ayam akan sibuk dengan menghangatkan diri dari pada makan. Ini jelas akan menurunkan produktifitas dan perkembangan ayam

2.Suhu dan kelembaban terlalu tinggi

Suhu dan kelembaban terlalu tinggi artinya panas yang berlebih bagi ayam. Akibatnya kebutuhan pakan ayam akan turun dan sebaliknya kebutuhan minum ayam akan meningkat. Jika ini dibiarkan maka hal yang paling sering terjadi adalah ayam mengeluarkan fases yang encer atau mencret. Anda sering melihat ini bukan? Salah satu penyebabnya adalah suhu dan kelembaban yang terlalu tinggi.

Untuk tingkah laku ayam saat suhu dan kelembaban terlalu tinggi bisa anda bandingkan dari gejala berikut ini:

a.Ayam akan berkerumun di tepi kandang maupun brooder

b.Ayam akan berkerumun di sekitar tempat minum

c.Ayam akan membuka mulutnya terus menerus

d.Ayam akan berdiri tegak dan mengepakkan sayapnya

Ayam dengan gejala seperti di atas juga ditandai dengan paruh yang menganga dan berkumpul di sekitar tempat minum. Maka dari itu segera lakukan penanganan.

 

Baca jugaMesin Tetas Telur Full Otomatis Buatan Asli CV. Sancaka Karya Hutama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *